Strategi Pengembangan Produk



Hasil gambar untuk pengembangan produk

Produk adalah hal utama yang dijadikan pengusaha untuk berbisnis. Tentu saja, apa yang mau kita jual selain produk? Saat bisnis sudah berjalan, adakala nya kita perlu mengembangkan produk agar selalu uptodate atau tidak ketinggalan jaman. Saat menjalani bisnis kita perlu menyusun banyak strategi dalam beberapa bidang salah satunya adalah strategi dalam mengembangkan produk, berikut 3 strategi pengembangan produk menurut salah satu sumber:

1. Mengutamakan kebutuhan pasar
Mengutamakan dan memenuhi kebutuhan pasar merupakan strategi utama yang dapat disusun, dengan menyediakan produk berdasarkan kebutuhan pasar dijamin kita menjadi produk yang akan dicari oleh pasar. Tapi kebutuhan pasar cepat sekali berubah, oleh sebab itu kita harus senantiasa siap berubah dan mengembangkan produk kita agar tetap sesuai dengan kebutuhan pasar yang ada.

2. Membuat keputusan berdasarkan data yang valid
Dalam mengambil sebuah keputusan harus didasari oleh data – data yang valid agar keputusan yang diambil merupakan keputusan yang tepat pula dan jangan asal mengambil keputusan berdasarkan asumsi belaka. Saat mengambil keputusan tentang sebuah produk yang akan kita kembangakan, kita harus menyiapkan data-data yang jelas dan detail agar tahu untung kurangnya dalam project ini.

3. Tidak mengubah produk secara ekstrim
Saat kita memiliki usaha produksi furniture lalu kita tiba – tiba mengganti produk menjadi produksi konveksi, hal ini merupakan hal aneh dan tidak sesuai dengan harapan dalam berbisnis. Mengeluarkan produk baru boleh saja asalkan masih sesuai dengan jalur bisnis kita. Jika kita mengubah dan keluar dari jalur maka akan membuat kita menjadi kebingungan. Ketekunan dalam berbisnis akan menghasilkan hasil yang luar biasa dalam bisnis kita. Oleh sebab itu jika kita ingin mengembangkan produk, buatlah produk yang masih satu jalur dengan bisnis kita.

Itulah 3 strategi pengembangan produk yang dapat kita coba untuk membuat bisnis kita berjalan dan selalu kekinian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Kelayakan Bisnis / Investasi

Final Proposal

Kekalahan yang sesungguhnya adalah Menyerah