Strategi Pengembangan Produk
Produk
adalah hal utama yang dijadikan pengusaha untuk berbisnis. Tentu saja, apa yang
mau kita jual selain produk? Saat bisnis sudah berjalan, adakala nya kita perlu
mengembangkan produk agar selalu uptodate atau tidak ketinggalan jaman. Saat menjalani
bisnis kita perlu menyusun banyak strategi dalam beberapa bidang salah satunya
adalah strategi dalam mengembangkan produk, berikut 3 strategi pengembangan
produk menurut salah satu sumber:
1. Mengutamakan kebutuhan pasar
Mengutamakan dan memenuhi kebutuhan pasar
merupakan strategi utama yang dapat disusun, dengan menyediakan produk
berdasarkan kebutuhan pasar dijamin kita menjadi produk yang akan dicari oleh
pasar. Tapi kebutuhan pasar cepat sekali berubah, oleh sebab itu kita harus
senantiasa siap berubah dan mengembangkan produk kita agar tetap sesuai dengan
kebutuhan pasar yang ada.
2. Membuat keputusan berdasarkan data yang valid
Dalam mengambil sebuah keputusan harus didasari
oleh data – data yang valid agar keputusan yang diambil merupakan keputusan
yang tepat pula dan jangan asal mengambil keputusan berdasarkan asumsi belaka. Saat
mengambil keputusan tentang sebuah produk yang akan kita kembangakan, kita
harus menyiapkan data-data yang jelas dan detail agar tahu untung kurangnya
dalam project ini.
3. Tidak mengubah produk secara ekstrim
Saat kita memiliki usaha produksi furniture lalu
kita tiba – tiba mengganti produk menjadi produksi konveksi, hal ini merupakan
hal aneh dan tidak sesuai dengan harapan dalam berbisnis. Mengeluarkan produk
baru boleh saja asalkan masih sesuai dengan jalur bisnis kita. Jika kita
mengubah dan keluar dari jalur maka akan membuat kita menjadi kebingungan. Ketekunan
dalam berbisnis akan menghasilkan hasil yang luar biasa dalam bisnis kita. Oleh
sebab itu jika kita ingin mengembangkan produk, buatlah produk yang masih satu
jalur dengan bisnis kita.
Itulah
3 strategi pengembangan produk yang dapat kita coba untuk membuat bisnis kita
berjalan dan selalu kekinian.
Komentar
Posting Komentar