Business Model Canvas


Bagaimana merencakan strategi bisnis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut pertama – tama kita harus mempelajari tentang model bisnis. Menurut Alexander Osterwalder, Business Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint untuk strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. Salah satu model bisnis yaitu BMC,Business Model Canvas (BMC) adalah suatu kerangka yang digambarkan dalam sebuah kanvas yang berisi tentang ringkasan rencana bisnis agar mudah dipahami dan dimengerti dengan mudah.

Untuk membuat BMC kita dapat menyusun building block. Building Block adalah konsep yang dapat mendeskripsikan dan menunjukkan logika bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan pendapatan (make money). Ada 9 building blocks yaitu:

1. Customer segments

Bagian ini akan menjelaskan tentang target dan tingkatan customer pengguna atau pemakai produk atau jasa yang kita jual atau sediakan.
-Siapa yang mau membeli produk kita?

2.Value Propositions (VP)

Bagian ini berisi tetang keunggulan produk dan alasan mengapa produk ini harus dibeli.
-Apa keunggulan produk kita dibanding competitor lain?

3. Channel

Bagian ini berisi tentang media apa yang akan kita gunakan untuk menawarkan produk kita kepada konsumen yang belum mengetahui produk kita sebelumnya.
-Bagaimana cara calon konsumen tau tentang produk kita?

4. Customer Relationships

Bagian ini menunjukan bagaimana agar hubungan bisnis kita dengan customer tetap berjalan baik
-Bagaimana cara agar punya hubungan baik dengan pelanggan?

5. Revenue Streams

Bagian ini termasuk kedalam urusan finansial perusahaan, dimana pada bagian ini akan menjabarkan produk atau hal apa yang dapat menyumbangkan profit lebih pada perusahaan
-Bagaimana agar bisnis kita menghasilkan profit?

6. Key Activities

Bagian ini berisi tentang bagaimana kita bisa mewujudkan value proposition
-Bagaiamana cara agar produk kita unggul?

7. Key Resources

Bagian ini menjelaskan tentang sumber daya dan asset apa yang harus dimiliki perusahaan dalam menujang kegiatan bisnis
-Sumber daya apa yang dimiliki perusahaan?

8. Key Partnerships

Bagian ini berisi tentang siapa saja yang dapat mensupport kegiatan bisnis kita, misalnya supplier.
-Siapa vendor atau supplier kita?

9. Cost Structures

Bagian ini berisi tentang ringkasan biaya yang keluar selama menjalankan bisnis
-Apa saja biaya yang harus dibayar?


Berikut adalah contoh BMC:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Kelayakan Bisnis / Investasi

Kekalahan yang sesungguhnya adalah Menyerah

Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha