Business Model Canvas
Bagaimana
merencakan strategi bisnis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut pertama – tama kita
harus mempelajari tentang model bisnis. Menurut Alexander Osterwalder, Business
Model adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver
dan menangkap value yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint untuk
strategi yang akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem. Salah
satu model bisnis yaitu BMC,Business Model Canvas (BMC) adalah suatu kerangka
yang digambarkan dalam sebuah kanvas yang berisi tentang ringkasan rencana
bisnis agar mudah dipahami dan dimengerti dengan mudah.
Untuk
membuat BMC kita dapat menyusun building block. Building Block adalah konsep
yang dapat mendeskripsikan dan menunjukkan logika bagaimana sebuah perusahaan
menghasilkan pendapatan (make money). Ada 9 building blocks yaitu:
1. Customer segments
Bagian ini akan menjelaskan
tentang target dan tingkatan customer pengguna atau pemakai produk atau jasa
yang kita jual atau sediakan.
-Siapa yang mau membeli produk
kita?
2.Value Propositions (VP)
Bagian ini berisi tetang
keunggulan produk dan alasan mengapa produk ini harus dibeli.
-Apa keunggulan produk kita dibanding
competitor lain?
3. Channel
Bagian ini berisi tentang media
apa yang akan kita gunakan untuk menawarkan produk kita kepada konsumen yang
belum mengetahui produk kita sebelumnya.
-Bagaimana cara calon konsumen tau
tentang produk kita?
4. Customer Relationships
Bagian ini menunjukan bagaimana
agar hubungan bisnis kita dengan customer tetap berjalan baik
-Bagaimana cara agar punya
hubungan baik dengan pelanggan?
5. Revenue Streams
Bagian ini termasuk kedalam
urusan finansial perusahaan, dimana pada bagian ini akan menjabarkan produk
atau hal apa yang dapat menyumbangkan profit lebih pada perusahaan
-Bagaimana agar bisnis kita
menghasilkan profit?
6. Key Activities
Bagian ini berisi tentang
bagaimana kita bisa mewujudkan value proposition
-Bagaiamana cara agar produk kita
unggul?
7. Key Resources
Bagian ini menjelaskan tentang
sumber daya dan asset apa yang harus dimiliki perusahaan dalam menujang
kegiatan bisnis
-Sumber daya apa yang dimiliki
perusahaan?
8. Key Partnerships
Bagian ini berisi tentang siapa
saja yang dapat mensupport kegiatan bisnis kita, misalnya supplier.
-Siapa vendor atau supplier kita?
9. Cost Structures
Bagian ini berisi tentang
ringkasan biaya yang keluar selama menjalankan bisnis
-Apa saja biaya yang harus
dibayar?
Komentar
Posting Komentar