Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha

Pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam berwirausaha, dengan adanya pemasaran kita dapat mendapatkan untung dari bisnis, pemasaran yang tepat dapat membuat bisnis kita berlanjut dan berkembang. Memperhatikan kebutuhan serta keinginan konsumen dan bukan sekedar menjual barang dan jasa yang bisa diproduksi adalah hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran.  Strategi pemasaran tidak mengutamakan mencari laba sebanyak-banyaknya. Tetapi bagaimana memproduksikan barang yang diproduksi guna menarik para konsumen dan menggunakan produk yang dibuat oleh kita. Apabila kita bergerak pada bidang jasa maka yang kita harus jaga adalah profesionalisme dari pada bidang jasa tersebut. Jika perusahaan kita bergerak pada bidang penghasil barang, maka kita harus menjaga agar kualitas dari barang tersebut tetap baik.

Sebelum kita memulai usaha, kita perlu meperhatikan beberapa aspek berikut:
1. Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi pasar, seseorang dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar

2. Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, kita juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan kita berikan kepada konsumen

3. Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing. Buatlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, kita juga bisa melakukan identifikasi terhadap peluang, dan ancaman terhadap bisnis kita.

4. Promosi
Promosi juga merupakan aspek marketing yang penting. Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, kita dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasif. kita dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara-cara promosi lain.

Selain itu ada juga strategi usaha dengan konsep 4P, yaitu:
1. Product
Saat kita membuat sebuah produk, kita pasti punya harapan agar produk kita diminati banyak orang, untuk banyak diminati orang maka kita membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan, lalu untuk mengetahui kebutuhan orang kita dapat melakukan beberapa cara, misalnya dengan melakukan survey lewat media social secara random, meminta kritik dan saran dari orang – orang sekitar.

2.  Price
Harga merupakan salah satu hal yang sensitif dalam sebuah bisnis. Umumnya, konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan kita dengan kompetitor. Sehingga kita harus menentukan harga dengan baik  dan jangan sampai kita salah menentukan harga yang membuat konsumen menjadi tidak tertarik untuk membeli produk atau jasa. Untuk menentukan harga sebenarnya mudah, kita dapat melihat harga pasar atau dengan menghitung HPP dan profit yang diinginkan dan sebagainya. Intinya, harga yang kita tawarkan atau tetapkan sebaiknya adalah harga yang masuk akal.

3. Place
Tempat atau lokasi merupakan salah satu faktor penentu bisnis, jadi pilihlah lokasi yang tepat dan  strategis. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang ramai, dilalui oleh banyak orang. Sehingga calon konsumen dan konsumen tertarik serta mudah untuk menemukan tempat kita berjualan.

4. Promotion
Promosi merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Dengan strategi pemasaran yang baik, maka diharapkan penjualan juga akan meningkat. Kini kegiatan pemasaran atau promosi lebih mudah dilakukan, kita dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram,  memasang iklan, kerja sama sponsorship, mengikuti bazar dan banyak lagi.

Aspek – aspek diatas dapat kita terapkan untuk memanjukan dan mengembangkan bisnis kita agar dapat dikenal oleh masyarakat luas dan bisa saja menjadi market leader dibidangnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Kelayakan Bisnis / Investasi

Kekalahan yang sesungguhnya adalah Menyerah