Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha
Pemasaran merupakan hal yang
sangat penting dalam berwirausaha, dengan adanya pemasaran kita dapat mendapatkan
untung dari bisnis, pemasaran yang tepat dapat membuat bisnis kita berlanjut
dan berkembang. Memperhatikan kebutuhan serta keinginan konsumen dan bukan
sekedar menjual barang dan jasa yang bisa diproduksi adalah hal yang perlu
diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Strategi pemasaran tidak mengutamakan mencari
laba sebanyak-banyaknya. Tetapi bagaimana memproduksikan barang yang diproduksi
guna menarik para konsumen dan menggunakan produk yang dibuat oleh kita.
Apabila kita bergerak pada bidang jasa maka yang kita harus jaga adalah profesionalisme
dari pada bidang jasa tersebut. Jika perusahaan kita bergerak pada bidang
penghasil barang, maka kita harus menjaga agar kualitas dari barang tersebut
tetap baik.
Sebelum kita memulai usaha,
kita perlu meperhatikan beberapa aspek berikut:
1. Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah
pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi,
tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam
melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi pasar, seseorang dapat meraih
laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar
2. Analisa Pasar dan
Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan hal
yang cukup penting. Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat
sasaran. Selain itu, kita juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis
produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan kita berikan kepada konsumen
3. Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah salah
satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita
dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan
barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing
potensial dan pesaing. Buatlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta
kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, kita juga bisa melakukan
identifikasi terhadap peluang, dan ancaman terhadap bisnis kita.
4. Promosi
Promosi juga merupakan aspek
marketing yang penting. Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan
suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, kita
dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan
kata-kata dan aksi persuasif. kita dapat melakukan iklan, personal selling atau
pun cara-cara promosi lain.
Selain itu ada juga strategi
usaha dengan konsep 4P, yaitu:
1. Product
Saat
kita membuat sebuah produk, kita pasti punya harapan agar produk kita diminati
banyak orang, untuk banyak diminati orang maka kita membuat produk yang sesuai
dengan kebutuhan, lalu untuk mengetahui kebutuhan orang kita dapat melakukan
beberapa cara, misalnya dengan melakukan survey lewat media social secara
random, meminta kritik dan saran dari orang – orang sekitar.
2. Price
Harga
merupakan salah satu hal yang sensitif dalam sebuah bisnis. Umumnya, konsumen
akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan kita dengan
kompetitor. Sehingga kita harus menentukan harga dengan baik dan jangan sampai kita salah menentukan harga
yang membuat konsumen menjadi tidak tertarik untuk membeli produk atau jasa.
Untuk menentukan harga sebenarnya mudah, kita dapat melihat harga pasar atau
dengan menghitung HPP dan profit yang diinginkan dan sebagainya. Intinya, harga
yang kita tawarkan atau tetapkan sebaiknya adalah harga yang masuk akal.
3. Place
Tempat
atau lokasi merupakan salah satu faktor penentu bisnis, jadi pilihlah lokasi
yang tepat dan strategis. Lokasi yang
strategis merupakan lokasi yang ramai, dilalui oleh banyak orang. Sehingga
calon konsumen dan konsumen tertarik serta mudah untuk menemukan tempat kita
berjualan.
4. Promotion
Promosi
merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat.
Dengan strategi pemasaran yang baik, maka diharapkan penjualan juga akan
meningkat. Kini kegiatan pemasaran atau promosi lebih mudah dilakukan, kita
dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, memasang iklan, kerja sama sponsorship,
mengikuti bazar dan banyak lagi.
Aspek – aspek diatas dapat
kita terapkan untuk memanjukan dan mengembangkan bisnis kita agar dapat dikenal
oleh masyarakat luas dan bisa saja menjadi market leader dibidangnya.
Komentar
Posting Komentar