Perlunya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha


Membangun sebuah usaha adalah hal yang susah-susah gampang, harus dengan kesabaran, kerja keras, dan ketekunan tentunya. Saat membangun sebuah usaha kita perlu menyiapan banyak hal, misalnya menyiapkan ide usaha, modal, sumber daya manusia, tempat, strategi pemasaran, dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah manajemen usaha tersebut. Dengan manajemen yang baik dan tepat akan mendukung bisnis kita untuk berjalan dengan lancar, walaupun nantinya kita menemui kendala dalam berbisnis tapi dengan manajemen yang baik kita akan menemukan solusi dari masalah kita tersebut. Manajemen ini biasa disebut dengan manajemen organisasi ,menurut Henry Fayol, organizational management adalah aktivitas perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), mengkoordinir (Coordinating), dan mengawasi (Controling), dimana rangkaian aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai goal organisasi.

Mengapa manajemen organisasi itu penting?

Sebelum menjawab mengapa penting, kita lihat dulu apa sebenarnya tujuan dari manajemen organisasi:
Tujuan yang pertama adalah manajemen sebagai fungsi perencanaan (planning), perencanaan dalam kegiatan bisnis merupakan tahap awal dari manajemen dan dikaitakan dengan sumber daya untuk mendukung usaha tersebut.
Kedua adalah fungsi pengorganisasian (organizing)dalam hal ini kita harus membuat kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan sumber daya agar mendapatkan kinerja terbaik dari pekerja. Pengorganisasian harus jelas agar tidak menimbulkan pertanyaan dikemudian hari.
Ketiga adalah sebagai fungsi kepegawaian  (staffing) fungsi ini berperan dalam menempatakan orang – orang yang sesuai dengan kemampuan diri agar dapat memaksimalkan kinerja pekerja, misalnya dengan mengadakan evaluasi perbulan atau minggu kita dapat melihat mana yang harus diperbaiki dan apakah orang tersbut tepat ditempatkan di bagian tersebut atau tidak (melakukan pemantauan dan observasi).
Keempat adalah fungsi pengarahan (lead) dalam hal ini manajemen bertujuan sebagai pengarah strategi perusahaan agar target dapat tercapai.
Kelima adalah fungsi kontrol (controlling) manajemen bertujuan untuk mengendalikan setiap kegiatan yang melibatkan sumber daya agar tindakan – tindakan yang bisa merugikan perusahaan dapat dikurangi dan ditiadakan.
Keenam yaitu fungsi manajemen waktu (time manajement) dengan adanya manajemen waktu yang baik maka bisnis perusahaan akan jalan secara terarah dan terlihat nyata progres targetnya. Manajemen waktu harus berjalan efektif agar target perusahaan dapat tercapai.
Yang ketujuh adalah fungsi motivasi (motivation) manajemen bertujuan untuk memotivasi pekerja agar termotivasi dan semangat dalam menjalani pekerjaannya. Dengan adanya lingkungan yang sehat dan tim yang kuat maka akan menghasilkan pekerja yang bahagia. Dengan pekerja yang termotivasi dan bahagia maka mereka akan bekerja dengan giat dan semangat dan pada akhirnya target bisnis perusahaan akan tercapai.

Nah  penjelasan diatas sudah mewakili jawaban dari pertanyaan  “mengapa manajemen organisasi itu penting bagi bisnis?” intinya dengan manajemen yang baik maka target perusahaanpun akan tercapai juga, manajemen yang baik tidak langsung tebentuk dengan cepat, tapi perlu proses yang harus dipantau dan dievaluasi terus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Kelayakan Bisnis / Investasi

Final Proposal

Kekalahan yang sesungguhnya adalah Menyerah