Perlunya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha
Membangun sebuah usaha adalah hal yang
susah-susah gampang, harus dengan kesabaran, kerja keras, dan ketekunan
tentunya. Saat membangun sebuah usaha kita perlu menyiapan banyak hal, misalnya
menyiapkan ide usaha, modal, sumber daya manusia, tempat, strategi pemasaran,
dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah manajemen usaha tersebut. Dengan
manajemen yang baik dan tepat akan mendukung bisnis kita untuk berjalan dengan
lancar, walaupun nantinya kita menemui kendala dalam berbisnis tapi dengan
manajemen yang baik kita akan menemukan solusi dari masalah kita tersebut.
Manajemen ini biasa disebut dengan manajemen organisasi ,menurut Henry Fayol,
organizational management adalah aktivitas perencanaan (Planning), mengorganisir
(Organizing), mengkoordinir (Coordinating), dan mengawasi (Controling), dimana
rangkaian aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai goal organisasi.
Mengapa manajemen organisasi itu penting?
Sebelum menjawab mengapa penting, kita lihat dulu
apa sebenarnya tujuan dari manajemen organisasi:
Tujuan yang pertama adalah manajemen sebagai
fungsi perencanaan (planning), perencanaan dalam kegiatan bisnis merupakan
tahap awal dari manajemen dan dikaitakan dengan sumber daya untuk mendukung
usaha tersebut.
Kedua adalah fungsi pengorganisasian
(organizing)dalam hal ini kita harus membuat kebijakan – kebijakan yang
berkaitan dengan sumber daya agar mendapatkan kinerja terbaik dari pekerja.
Pengorganisasian harus jelas agar tidak menimbulkan pertanyaan dikemudian hari.
Ketiga adalah sebagai fungsi kepegawaian (staffing) fungsi ini berperan dalam
menempatakan orang – orang yang sesuai dengan kemampuan diri agar dapat
memaksimalkan kinerja pekerja, misalnya dengan mengadakan evaluasi perbulan
atau minggu kita dapat melihat mana yang harus diperbaiki dan apakah orang
tersbut tepat ditempatkan di bagian tersebut atau tidak (melakukan pemantauan
dan observasi).
Keempat adalah fungsi pengarahan (lead) dalam hal
ini manajemen bertujuan sebagai pengarah strategi perusahaan agar target dapat
tercapai.
Kelima adalah fungsi kontrol (controlling)
manajemen bertujuan untuk mengendalikan setiap kegiatan yang melibatkan sumber
daya agar tindakan – tindakan yang bisa merugikan perusahaan dapat dikurangi
dan ditiadakan.
Keenam yaitu fungsi manajemen waktu (time
manajement) dengan adanya manajemen waktu yang baik maka bisnis perusahaan akan
jalan secara terarah dan terlihat nyata progres targetnya. Manajemen waktu
harus berjalan efektif agar target perusahaan dapat tercapai.
Yang ketujuh adalah fungsi motivasi (motivation)
manajemen bertujuan untuk memotivasi pekerja agar termotivasi dan semangat
dalam menjalani pekerjaannya. Dengan adanya lingkungan yang sehat dan tim yang
kuat maka akan menghasilkan pekerja yang bahagia. Dengan pekerja yang
termotivasi dan bahagia maka mereka akan bekerja dengan giat dan semangat dan
pada akhirnya target bisnis perusahaan akan tercapai.
Nah
penjelasan diatas sudah mewakili jawaban dari pertanyaan “mengapa manajemen organisasi itu penting
bagi bisnis?” intinya dengan manajemen yang baik maka target perusahaanpun akan
tercapai juga, manajemen yang baik tidak langsung tebentuk dengan cepat, tapi
perlu proses yang harus dipantau dan dievaluasi terus.
Komentar
Posting Komentar